Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Nurul Huda Wal-Ittihad dalam Mengelola MTs Nurul Huda Wal-Ittihad
Penerapkan budaya refleksi untuk perbaikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta evaluasi kinerja untuk rencana pengembangan profesional bagi pendidik dan tenaga kependidikan serta langkah Kepala Madrasah MTs Nurul Huda Wal-Ittihad dalam menghadirkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi.
H. M. Buang Syafiudin, S.Pd
9/1/20243 min baca


Bagaimana Kepala satuan pendidikan menerapkan budaya refleksi untuk perbaikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta evaluasi kinerja untuk rencana pengembangan profesional bagi pendidik dan tenaga kependidikan?
Dalam menjawab pertanyaan di atas, upaya Saya Sebagai Kepala Madrasah MTs Nurul Huda Wal-Ittihad adalah :
E1. memberi waktu dan kesempatan bagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan refleksi kinerja secara rutin.
Dalam hal ini saya memberikan waktu kepada dewan guru untuk melakukan komunikasi dengan rekan dewan guru lainnya terhadap kekurangan dan kelebihan selama proses pembelajaran, salah satunya adalah melaui Program Penilaian Teman Sejawat
Bukti : Lembar Quasioner Penilaian teman sejawat
hasil dari lembar quesioner ini kemudian diserahkan kepada TIM TPM NHWI untuk dilakukan analisis dan diajukan kepada saya sebagai bahan pertimbangan pembuatan program supervisi.E2. Melakukan kegiatan evaluasi kinerja secara berkala kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
Setelah rapat internal dengan TIM TPM, kepala madrasah kemudian menyusun tindak lanjut hasil evaluasi penilaian diri dan penilaian sejawat dewan guru dan tenaga kependidikan melalui :
1. Program Supervisi Kepala Madrasah (Unduh Disini)
Untuk Angket Supervisi Unduh DisiniDokumentasi Pelaksanaan Supervisi
Tindak Lanjut Hasil Supervisi (Unduh Disini)Dokumentasi Rapat Tindak Lanjut Hasil Supervisi
E3. Memastikan pendidik memiliki dokumen rencana pengembangan profesional diri berdasarkan hasil evaluasi kinerja dan refleksi.
Untuk memastikan bahwa hasil tindak lanjut dari program supervisi ini berjalan secara baik, maka kepala madrasah dibantu oleh tim TPM NHWI memeriksa lembar kerja rencana pengembangan kompetensi diri (RKPD) setiap pendidik dan tenaga kependidikan.
Unduh RKPD Guru-Tendik Disini
E4.mengembangkan program pengembangan profesional pendidik yang berdampak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran
Rencana pengembangan kompetensi pendidik dilakukan dengan tiga cara, yakni himbauan kepada pendidik yang sudah memiliki sertifikat pendidik untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan profesi keguruan tanpa kami berikan biaya pelatihan melalui kegiatan daring di aplikasi si pintar kemenag (Unduh sertifikat hasil pelatihan) dan yang kedua dengan membiayai seminar/workshop maupun bimtek di luar madrasah kepada dewan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik yang kami buktikan dengan vidio bimtek ikm
Cara terakhir adalah dengan memfasilitasi kegiatan bimtek/workshop mandiri di madrasah di mana anggarannya bisa kami buktikan melalui RKAM dan juga foto
Seperti apa Kepala MTs Nurul Huda Wal-Ittihad dalam menghadirkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi Mts Nurul Huda Wal-Ittihad?
Dalam menghadirkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi Mts Nurul Huda Wal-Ittihad, maka upaya kami adalah
F1. Memiliki visi dan misi yang jelas dan mengomunikasikan kepada pemangku kepentingan.
Bukti : Rapat Visi Misi Unduh Disini
Bentuk Sosialisasi :
1. Ditempel di area terbuka
2. melalui website : https://mtsnhwimuncung.sch.id/tentang
3. Melalui gruop whatshap
F2. membangun komunikasi dan interaksi antarwarga secara berkala, melalui :
Kegiatan Rutin Sekolah, seperti upaca bendera, kegiatan kelas dan kegiatan ekstrakulikuler.
Platform Komunikasi Modern, seperti grup whatsap, website dan media sosial lainnya;
Acara Sekolah, seperti :
buka bersama
perpisahan kelas IX dll
melakukan kolaborasi atau kemitraan dengan orang tua/wali dalam rangka mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan,.
Contoh Konkrit adalah melibatkan orang tua/wali murid dalam :
1. Rapat Kenaikan Kelas, Unduh Dokumen Rapat
2. Kegiatan bimbingan karir atau bimbingan individu
F3. melakukan kemitraan dengan pihak-pihak lain dalam rangka mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan.
Contoh konkrit : kerjasama dengan pihak pemerintah dalam memeriahkan HUT RI
https://drive.google.com/file/d/1i9JSABtOT2-DbdLHFRmH1Jq0HVRdNflx/view
Kerjasama dengan pihak puskesmas :
Kerjasama dengan Mahasiswa dalam mencegah perundungan
F4. evaluasi berbasis data yang melibatkan semua pemangku kepentingan adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi.
F5. menyusun rencana kegiatan tahunan berdasar evaluasi/refleksi berbasis data.
RKTM MTs Nurul Huda Wal-Ittihad dirancang dan dibuat berdasarkan hasil evaluasi Tim TPM Terhadap Hasil Kinerja Tahun 2023.



















