Kepala Madrasah MTs Nurul Huda Wal-Ittihad memastikan pengelolaan anggaran dilakukan secara transfaran dan penyediaan sarana prasarana yang tepat sasaran sesuai kebutuhan MTs Nurul Huda al-Ittihad

Deskripsi postingan blog

9/2/20242 min baca

Pertanyaan :

Bagaiman Kepala MTs Nurul Huda Wal-Ittihad memastikan pengelolaan anggaran dilakukan sesuai perencanaan berdasarkan refleksi yang berbasis data secara transparan dan akuntabel

Jawaban

Beberapa langkah yang dilakukan kepala madrasah adalah :

G1. mengelola anggaran satuan pendidikan dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan

Dalam hal ini RKAM yang sudah dibuat berdasarkan hasil analisa Tim TPM direalisasikan 100% berdasarkan RKAM.

Bukti RKAM BOS Tahap 1 Tahun 2024 dan LPTJB Bos Tahap I (Lihat Disini)

G2. merencanakan anggaran satuan pendidikan yang disusun bersama dengan komite satuan pendidikan atau pihak terkait.

Bukti dokumen rapat unduh disini

G3. menunjukkan sumber pendanaan berserta alokasi pemanfaatannya.

Bukti : BKU MTs Nurul Huda al-Ittihad

G4. mengelola anggaran yang dilaporkan secara berkala kepada pemangku kepentingan

Bukti Pelaporan Ke Pihak Kemenag adalah melalui aplikasi e-RKAM

Bukti transfaransi Laporan Ke uangan dapat diakses melalui website
https://mtsnhwimuncung.sch.id/informasi-dan-layanan bagian BOS (Paling Bawah)

Pertanyaan :
Apakah Kepala Madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik?

Jawaban. Iya melalui mekanisme sebagai berikut :

H1. menyusun perencanaan pengadaan sarana dan prasarana berdasar analisis kebutuhan pembelajaran

Pengadaan Sarana dan prasarana di MTs Nurul Huda Wal-Ittihad sudah melalui langkah-lanngkah :
1. Identifikasi Kebutuhan
2. Prioritaskan Kebutuhan
3. Evaluasi
Bukti : RKAM dan Dokumen Realisasi

H2. memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki secara optimal

Bukti pemanfaatan sarana-prasarana di MTs Nurul Huda Wal-Ittihad
Penggunaan Ruang Kelas

H3. memenuhi sarana dan prasarana untuk kebutuhan pembelajaran secara mandiri atau bermitra.

Bukti : BKU dan LPJ BOS

H4. melaksanakan mekanisme pemeliharaan sarana dan prasarana di lingkungan satuan pendidikan.

Pertanyaan

Apakah Kepala MTs Nurul Huda Wal-Ittihad mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang selaras dengan kurikulum nasional?

Jawab :
Tentu saja, dimana strategi yang kami terapkan adalah :

  1. melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan untuk penyusunan kurikulum satuan pendidikan

  2. mengembangkan kurikulum satuan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan merujuk pada kurikulum nasional.

  3. menyusun dan melaksanakan mekanisme evaluasi berkala untuk memastikan kurikulum di tingkat satuan pendidikan relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik

Kurikulum MTs Nurul Huda Wal-Ittihad dikembangkan sesuai dan selaras dengan kurikulum nasional (bukti dok kurikulum halaman 12-17).

Contoh bagaimana satuan pendidikan kami merancang kurikulum yang memenuhi kriteria di atas:

1. Tujuan Pembelajaran Kurikulum MTs Nurul Huda Wal-Ittihad diususun selaras dengan kurikulum nasional.

2. Menyediakan berbagai jenis pembelajaran.

3. Kurikulum dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan pada peserta didik.

Dokumen Pendukung : Kurikulum Madrasah, RPP dan Modul Ajar Vidio pembelajaran yang kami unggah